Minggu, 22 September 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Mimbar
H. Tjetje Soebrata, Ketua DKM Masjid Raya Bandung

Pemanfaatan Website dalam Rangka Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan

Rabu, 10 Mei 2017
Hariyawan/masjidraya.com
KETUA DKM Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Tjetje Soebrata, SH, MM.*

MRB - Masjid adalah tempat ibadah kaum muslimin yang memiliki peran strategis untuk kemajuan peradaban umat Islam. Masjid tak hanya sebagai pusat kegiatan ibadah, namun juga berfungsi sebagai tempat pendidikan dan pengajaran, pusat informasi Islam, pusat kegiatan ekonomi dan sosial, serta pusat kegiatan dakwah bagi umat Islam.

Demikian halnya dengan Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat. Sejarah telah membuktikan multifungsi peranan masjid ini dalam membina umat dan memajukan dakwah Islam. Meskipun belum sepenuhnya melaksanakan fungsi masjid seperti dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, namun Masjid Raya Bandung telah menjadi pusat ibadah, pusat pengajaran agama Islam, pusat dakwah, serta pusat kegiatan sosial, ekonomi, dan budaya. Di kemudian hari, kami berharap Masjid Raya Bandung dapat menjadi pusat peradaban umat Islam di Jawa Barat, Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

Terkait dengan fungsi masjid sebagai pusat informasi Islam seperti dilaksanakan di zaman Rasulullah SAW, Masjid Raya Bandung meluncurkan website resmi bernama masjidraya.com. Peluncuran website ini didorong oleh keinginan untuk menyampaikan informasi tentang Masjid Raya Bandung kepada jamaah khususnya dan umat Islam umumnya. Selain itu DKM Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat ingin menghidupkan fungsi dan peran masjid kepada umat Islam.

Di era modern ini, masjid harus dapat mengambil fungsi dan peran penting dalam membangun peradaban umat. Masjid hendaknya dapat dijadikan sebagai “Islamic Centre” yang memberikan pengaruh signifikan bagi masyarakat yang ada di sekitarnya. Makanya masjid tidak hanya berfungsi sebagai sarana ibadah tetapi juga dapat dijadikan sebagai sarana dakwah dan pusat informasi Islam, pendidikan dan pembinaan, pengembangan ekonomi umat, seni dan budaya Islam dan kegiatan sosial lainnya. Semua kegiatan tersebut dapat menarik perhatian umat untuk memakmurkan masjid dan menjadikan masjid dalam memenuhi dahaga spiritual atau kebutuhan rohaninya.

Masjid merupakan tempat disemaikannya segala sesuatu yang bernilai kebajikan dan kemaslahatan umat, baik yang berdimensi ukhrawi maupun duniawi, termasuk dalam hal informasi. Masjid harus menjadi pusat kebangkitan umat, pusat informasi, dengan kata lain, masjid harus menjadi poros kebangkitan kembali peradaban Islam.

Website Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat diharapkan dapat menjadi pusat informasi yang benar kepada masyarakat tentang nilai nilai keislaman seutuhnya, bukan mengarahkan bahkan memotivasi kepada tindakan yang mengancam kerukunan antarumat beragama. Website masjidraya.com berisi informasi seputar kegiatan dan aktivitas masjid, jadwal shalat, jadwal pengajian, jadwal khutbah Jumat, dan artikel-artikel keislaman.

Masjidraya.com menyediakan beragam informasi yang diwadahi dalam beberapa rubrik, seperti Kabar, Mimbar, Syiar, Dakwah, Muamalah, Inspirasi, dan Agenda. Diharapkan semua informasi yang ada di website ini bisa menjadi alternatif bagi umat Islam dalam memenuhi kebutuhan informasinya.
Kehadiran masjidraya.com diharapkan dapat melengkapi website masjid-masjid yang telah ada sekarang. Semakin banyak informasi tentang Islam yang disebarkan oleh website resmi, akan semakin baik bagi umat Islam.* ati - masjidraya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR