Senin, 16 September 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Mimbar
H. Mirza Zulhadi, Ketua PWI Jawa Barat

MasjidRaya.com Diharapkan Bisa Menjadi Acuan Informasi Keagamaan

Jumat, 12 Mei 2017
dok.pri
H. Mirza Zulhadi, Ketua PWI Jawa Barar dan Penasehat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jawa Barar.*

MRB - Selamat kepada DKM Masjid Raya Bandung Provinsi Jwa Barat yang telah melaunching masjidraya.com sebagai website resminya. Saya berharap, masjidraya.com bisa menjadi media dakwah sekaligus media untuk membangun peradaban umat Islam.

Di zaman modern, serba digital, dan serba internet seperti sekarang, sudah sangat tepat keputusan DKM Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat untuk memiliki website resmi. Selain untuk menyebarluaskan informasi tentang aktivitas yang dilaksanakan di masjid, keberadaan website resmi sekaligus untuk menangkal paham radikalisme dan perilaku buruk yang banyak disebarkan lewat internet.

Saat ini ilmu jurnalistik bukan lagi monopoli wartawan. Ilmu dan teknik jurnalistik bisa diterapkan oleh semua kalangan, termasuk oleh aktivis masjid. Sebagai sentral aktivitas keagamaan dan kemasyarakatan, otomatis masjid merupakan sumber informasi atau sumber berita keagamaan dan keumatan.

Pengurus DKM bisa menerapkan ilmu dan teknik jurnalisik pada jurnalistik dakwah atau syiar Islam yang diantaranya melalui penerbitan buletin dan website masjid. Keberadaan website masjid berguna untuk menyebarluaskan informasi kegiatan dan rekaman ceramah, pengajian, bahkan khotbah jumat, kepada masyarakat sekitar, bahkan juga kepada masyarakat yang jauh dari masjid. Jika ceramah seorang ustaz di masjid hanya bisa didengarkan oleh puluhan atau ratusan orang, melalui masjidraya.com ceramah sang ustaz bisa disebarluaskan kepada ribuan bahkan jutaan orang di luar masjid. Orang yang tidak sempat atau berhalangan datang ke masjid pun bisa menerima siraman rohani sang ustaz.

Media dakwah melalui internet yang mempunyai cakupan tidak terbatas waktu dan tempat, sehingga tidak hanya dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia saja namun seluruh dunia yang mempunyai koneksi internet.

Manfaat lainnya website masjid juga sangat bermanfaat untuk menyebarluaskan kepada khalayak luas tentang informasi seputar pengurus masjid, program kegiatan, jadwal shalat, jadwal pengajian, jadwal khotbah Jumat, dan artikel-artikel keislaman. Juga bisa menyampaikan laporan kepada para donatur, sehingga informasi keuangan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.

Cara-cara seperti ini bisa menjadi magnet bagi umat Islam khususnya Kota Bandung dan Jawa Barat untuk datang ke Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat. Melalui website masjidraya.com, Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat diperkenalkan ke seluruh dunia.

Meskipun masjidraya.com dikelola oleh DKM, namun tetap harus menerapkan kaidah-kaidah jurnalistik. Hindari berita-berita hoax yang meresahkan masyarakat. Sebarkan informasi yang sumbernya dapat dipercaya, sehingga masjidraya.com dapat menjadi website yang kredibel. Saya menyarankan apabila website ini sudah berkembang, sebaiknya wartawannya menjadi anggota salah satu organisasi wartawan yang resmi.

Saya berharap, masjidraya.com dapat menjadi acuan bagi media massa mainstream sebagai sumber informasi. Apalagi masjidraya.com didukung oleh sumber daya manusia yang profesional.* ati - masjidraya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR