Rabu, 25 November 2020 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Syiar
Masjid "Merlin" Nyalindung

Megah di Bekas Kawasan "Lampu Merah"

Jumat, 2 Juni 2017
IST.
MASJID Nyalindung yang sering disebut Merlin, berdiri di pinggir jalan berliku. Bangunan masjid ini sangat megah. Cat berwarna krem dan hijau dengan kubah besar di atasnya yang dikelilingi kubah kecil menjadi sangat enak dilihat.*

MRB - Nyalindung, sebuah lokasi yang dulunya dikenal sebagai daerah Warem (warung remang-remang) di daerah Sumedang, ini sekarang menjadi daerah santri setelah berdiri sebuah masjid megah.

Masjid Nyalindung yang sering disebut Merlin, berdiri di pinggir jalan berliku, yang dulunya tempat parkir truk dari luar kota yang biasa berleha-leha di sini. Agaknya, kehadiran Merlin mampu membersihkan citra buruk Nyalindung yang kerap disebut kawasan "Lampu Merah" sebagai tempat ngaso para lelaki hidung belang.

Bangunan masjid ini sangat megah. Cat berwarna krem dan hijau dengan kubah besar di atasnya yang dikelilingi kubah kecil menjadi sangat enak dilihat. Untuk masuk ke Masjid Nyalindung ini harus naik tangga dan suasana sejuk langsung menyambut para tamu Allah yang akan beribadah. Tempat wudu yang bersih dengan air sejuk dan dingin akan membuat segar tubuh.

Setelah beribadah sebelum meneruskan perjalanan, para pengendara atau jamaah juga bisa menyantap makanan karena ada warung-warung makanan yang berjejer di samping kiri masjid dengan arsitektur unik ini.

Para pengunjung ramai saat ketika memasuki waktu shalat. Mobil dan motor langsung berhenti dan penumpang atau pengendaranya langsung ke masjid. Setelah usai shalat biasanya tidak langsung pergi tapi istirahat di warung-warung makanan.

Di saat puasa ini, jumlah pengunjung sedikit meningkat dan betul-betul dijadikan tempat peristirahatan. Bahkan kalau menjelang berbuka banyak yang mampir dan langsung buka puasa karena tersedia menu makanan di warung-warung.

Masjid yang berada di kawasan jalan utama Bandung-Sumedang-Cirebon ini sangat strategis. Di tengah penatnya perjalanan panjang dari arah Bandung atau Cirebon dengan kondisi jalan yang berkelok dan turunan atau tanjakan tajam, Masjid Nyalindung menjadi pilihan untuk beristirahat sekaligus beribadah.* ainun - masjidraya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR