Minggu, 20 Oktober 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Kabar

Subya, Minuman Spesial Berbuka Puasa Warga Mekah

Sabtu, 3 Juni 2017
net
SUBYA adalah minuman terbuat dari jelai, roti kering, kismis, gula, kapulaga, dan kayu manis. Sangat nikmat jika disajikan dengan es dingin, hingga mampu menghilangkan dahaga selama berpuasa.*

MRB - Bulan puasa tak pernah lepas dari makanan dan minuman yang biasa disajikan sebagai menu berbuka puasa. Di Indonesia, ada kolak, cendol, candil, dan minuman tradisional yang selalu ada setiap bulan Ramadhan.

Apa ya minuman berbuka puasa yang menjadi andalan umat muslin di Mekah? Ternyata, umat muslim di Tanah Suci ini selalu mengawali berbuka puasa dengan meneguk minuman bernama subya. Minuman ini hampir dipastikan selalu ada di rumah-rumah umat Islam di Mekah.

Subya adalah minuman terbuat dari jelai, roti kering, kismis, gula, kapulaga, dan kayu manis. Sangat nikmat jika disajikan dengan es dingin, hingga mampu menghilangkan dahaga selama berpuasa.

Di Mekah, ada dua pembuat subya yang sangat terkenal, yaitu Al-Khodari dan Ibn Al-Wahaj. Subya buatan mereka dijamin lezat dan membuat ketagihan. Subya terdiri atas dua warna, yaitu merah dan putih. Subya putih terbuat dari roti gandum, kapulaga dan kayu manis. Subya merah dibuat dengan cara yang sama. Hanya saja ditambahkan warna berry untuk memberikan warna merah.

Subya mempunyai beberapa varian rasa, seperti rasa kismis.Kismis Yaman biasanya digunakan untuk membuat varian minuman ini. Kismis dimasukkan ke dalam air dan dibiarkan selama sehari penuh. Kemudian direbus dan ditempatkan ke dalam tong besar selama beberapa hari sebelum mereka dijadikan jus dengan ditambahkan terlebih dahulu kapulaga dan kayu manis. Subya jenis ini harganya lebih mahal. Sebuah kaleng besar subya kismis dijual SR12 atau sekitar Rp38 ribu.

Saking terkenalnya subya, jemaah umrah biasanya selalu menyempatkan diri menikmati subya yang lezat ini.* ainun - masjidraya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR