Minggu, 20 Oktober 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Kabar
Ramadhan di Rusia

Bergembira Meski Menjadi Minoritas

Senin, 5 Juni 2017
net
KEGEMBIRAAN umat muslim di Rusia terlihat di Provinsi Khabarovsk. Di kota ini terdapat sekitar 10.000 umat muslim yang tersebar di beberapa kota. Sayangnya, hanya ada satu masjid di provinsi ini untuk menampung umat Islam yang cukup besar itu.*

MRB - Menjadi minoritas di Rusia tidak menjadikan umat Islam bersedih. Menyambut bulan Ramadhan tahun 2014, umat muslim di Rusia tetap bergembira layaknya saudara-saudara muslim mereka di negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Kegembiraan umat muslim di Rusia terlihat di Provinsi Khabarovsk. Di kota ini terdapat sekitar 10.000 umat muslim yang tersebar di beberapa kota. Sayangnya, hanya ada satu masjid di provinsi ini untuk menampung umat Islam yang cukup besar itu.

Umat Islam di Provinsi Khabarovsk umumnya berasal dari Uzbekhistan dan Kazakhstan. Mereka berbaur dengan penduduk setempat.

Pada bulan Ramdhan, kegiatan umat Islam berpusat di Masjid Al Furqon. Masjid yang dibangun pada 13 tahun silam ini, berdiri di atas lahan seluas 750 meter persegi yang merupakan sumbangan dari masyarakat. Walaupun sederhana, namun bangunan masjid terlihat kokoh. Atapnya terbuat dari seng yang dicat, di dalam masjid terdapat tiga ruangan, yaitu masjid, ruang tamu, dan madrasah. Tulisan ayat kursi tampak menghiasi bagian dekat mihrab yang terbuat dari kayu.

Di masjid ini, sejumlah kegiatan keagamaan diselenggarakan seperti berbuka puasa bersama, shalat tarawih 20 rakaat, serta pesantren kilat untuk anak-anak. Buka puasa bersama di masjid hanya diikuti oleh kaum pria, sementara kaum wanita berbuka puasa di rumah.

Selama bulan Ramadhan, ratusan umat Islam meramaikan Masjir Al Furqon. Mereka sangat semangat mengisi bulan Ramdhan, bahkan usai shalat tarawih, mereka melanjutkan dengan shalat malam hingga pukul 01.00 dini hari.

Meskipun sangat sederhana dan tidak luas, namun Masjid Al Furqon telah menjadi oase bagi umat muslim di Provinsi Khabarovsk, termasuk pada bulan Ramadhan yang selalu dinantikan oleh umat Islam.* nun - masjidraya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR