Minggu, 20 Oktober 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Kabar
Menu Ramadhan

Injera, Iftar Kaya Nutrisi dari Ethiopia

Jumat, 9 Juni 2017

MRB - Berbicara tentang hidangan yang harus ada pada saat menjelang iftar atau berbuka puasa, mungkin di Indonesia tidak asing lagi dengan yang namanya kolak, di kawasan Arab Levant ada yang namanya hummus selain kurma, sementara Muslim Pakistan dan India tidak bisa melupakan samosa ke menu buka puasa mereka. Namun, apa saja hidangan iftar terpenting di negara-negara Afrika, khususnya Ethiopia?

Roti injera, yang dibuat dengan tepung teff (semacam gandum dari Ethiopia dan Eritrea), adalah hidangan yang paling populer untuk orang-orang Ethiopia. Roti ini berbentuk pipih dengan tekstur mirip spons. Makanan ini bebas gluten dan dimakan dengan berbagai jenis hidangan yang disajikan.

Masakan khas Ethiopia ini, kini dilestarikan oleh negara Uni Emirat Arab bersama makanan tradisional lainnya. Di pulau buatan Palm Jumeirah Dubai, telah diluncurkan restoran khusus Ethiopia yang disebut Gursha. Roti injera bersama hidangan lengkap untuk 2 orang dihargai 250 dirham atau setara Rp 907.500.

Budaya Ethiopia sangat condong ke pola makan berbasis biji-bijian, dan Muslim di Etiopia cenderung menyegerakan berbuka puasa dengan sup sehat yang terbuat dari kacang merah, seledri dan dadih susu, dibumbui dengan kapulaga dan bumbu khas Ethiopia mitmita untuk keseimbangan dalam hidangan tersebut. Lentil atau kacang-kacangan adalah sumber nutrisi yang kaya, dan cocok untuk samosa dan lumpia. Ini tersedia di sebagian besar rumah tangga, menurut pengelola restoran tersebut yang dikutip khallejtimes.com, baru-baru ini.

Sudah umum untuk memulai sebuah iftar dengan sup krim karena idealnya merupakan starter yang hebat yang menyediakan kadar air dan suplemen makanan yang tepat yang biasanya hilang selama waktu shaum. Sup lentil cocok untuk vegetarian, yang menyegarkan sebelum memulai makan yang sebenarnya.* Dede Suhaya - masjidraya.com

 


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR