Jumat, 15 November 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Muamalah

Doa Perempuan Lebih Makbul daripada Doa Laki-laki

Sabtu, 10 Juni 2017

MRB - Pertemuan Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI (IKKT) Cabang Berdiri Sendiri (BS) III Sesko TNI, digelar di Gedung Serasan Sesko TNI, Bandung, Jumat (9/6).

Ketua IKKT Cabang BS III Sesko TNI, Erna R.M. Trusono, mengatakan pertemuan anggota kali ini, selain acara pertemuan rutin arisan, diisi dengan ceramah pembinaan mental, yang disampaikan Ustad Arman Rahman.

Pada kesempatan itu, Erna menyampaikan empat peran yang dituntut dari ibu-ibu, yang kesemuanya harus dapat dilakukan secara baik, serasi, dan seimbang. Keempat peran tersebut, pertama, peran sebagai pendamping suami; ke dua, peran sebagai ibu rumah tangga; ke tiga, peran sebagai anggota IKKT; dan ke empat, peran sebagai warga masyarakat.

Ustad Arman Rahman dalam ceramahnya berjudul “My Super Mom”, intinya merujuk pada hadist yang menyatakan bahwa doa perempuan lebih makbul daripada doa laki-laki, karena sifat penyayangnya yang lebih kuat. Ketika ditanya pada Rasulullah SAW tentang hal tersebut, Beliau membenarkan: Ibu lebih penyayang daripada Bapak dan doa orang yang penyayang tidak akan sia-sia.

“Sifat penyayang ini memang disematkan khusus oleh Allah kepada kaum wanita, mengingat secara kodrati mereka mengandung dan melahirkan anak dari rahimnya. Sifat penyayang ini menjadi bekal bagi wanita untuk mengurus anak dan keluarga mereka, sehingga anak-anak yang menjadi amanah dan suami yang harus dilayani menjadi ladang pahala bagi wanita,” tutur Ustad Arman.

Begitu pula penghormatan kepada orangtua, lanjut Ustad Arman, sebagaimana tertuang pada firman Allah dalam Al Quran Surat Luqman ayat 14, yang artinya: “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”

“Berbuat baiklah kepada orangtua, maka kelak anak-anak kita akan berbuat baik pula kepada kita,” ujarnya.* Humaskol Sesko TNI/harie - masjidraya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR