Rabu, 25 November 2020 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Syiar
Masjid Raya Bandung, Riwayatmu...

Santri pun Turun Gunung, Renungan di Masjid Agung

Minggu, 11 Juni 2017
IST.
DI era tahun 50-an, setiap menyambut tahun baru Hijriyah (tahun baru Islam), Masjid Agung Bandung selalu semarak.*

MRB - Di era tahun 50-an, setiap menyambut tahun baru Hijriyah (tahun baru Islam), Masjid Agung Bandung selalu semarak. Pengajian khusus dan kesibukan dari umat dan DKM sudah bergulir sejak pagi hari, satu hari menjelang tahun baru Hijriyah.

Semakin sore konsentrasi umat yang memadati kawasan di sekitar Alun-alun Bandung semakin padat. Hal ini akan ditandai dengan kedatangan rombonga kiai dan santri-santrinya yang secara bergelombang berdatangan ke Masjid Agung Bandung untuk ikut menyambut dan memperingati tahun baru Hijriyah. Mereka sengaja turun gunung dari pondok-pondok pesantren, baik yang di lingkungan Kota Bandung maupun yang dari luar Kota Bandung.

Kegiatan di masjid berupa pengajian dan ceramah juga menjadi ajang silaturahmi umat, para kiai, dan pejabat pemerintah. Dan seperti biasanya, banyak pedagang yang juga memanfaatkan momen ini untuk menambah pundi-pundi rezeki di malam pergantian tahun.

Baru setelah tengah malam, acara peringatan akan selesai ditandai dengan kepulangan para kiai dan santrinya ke tempat asal masing-masing. Kendati demikian, ada juga beberapa yang memutuskan untuk bermalam di masjid dan baru pulang keesokan harinya.* ainun - masjidraya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR