Rabu, 25 November 2020 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Syiar

Dalam Usia 163 Tahun, Masjid Agung Sumedang Siap Direnovasi

Senin, 12 Juni 2017
IST.
MASJID Agung Sumedang pertama kali dibangun tahun 1800-an oleh bupati pertama Sumedang, Wiriadinata.*

MRB - Masjid Agung Sumedang yang berdiri tepat di Alun-alun Sumedang, kini usianya menginjak 163 tahun. Bupati Sumedang, Eka Setiawan, mengatakan Masjid Agung Sumedang pertama kali dibangun tahun 1800-an pada masa pemerintahan Bupati Sumedang Pangeran Aria Soeria Koesoemah Adinata.

"Sudah cukup tua, dan hingga saat ini alhamdulillah masih terpelihara baik. Ada rencana dari DKM masjid ini kembali mau direnovasi, Saya mendukung sepenuhnya," ujar Eka, saat pembukaan Festival Masjid Agung Sumedang, Minggu (11/6).

Menurut Eka, renovasi yang akan dilakukan menyangkut seluruh bagian tanpa mengubah bentuk asli masjid.

"Salah satu bagian yang akan direnovasi adalah menara tunggal masjid. Saya kalau melihat masjid ini dari ketinggian Kampung Toga terlihat jelas, tetapi kesannya redup, kurang terang, kurang bercahaya. Salah satu yang terlihat jelas adalah bagian menara," jelasnya.

Renovasi dan penataan juga akan dilakukan terhadap taman masjid yang sekarang terpisah dari alun-alun.

"Nantinya taman masjid ini akan diperluas dan terintegrasi dengan Alun-alun Sumedang sebagai ciri khas dari sebuah pusat kota atau alun-alun. Diharapkan nantinya alun-alun ini bisa lebih terawat bersih, karena menjadi bagian dari Masjid Agung," kata Eka.

Eka berharap, Masjid Agung Sumedang nantinya bisa menjadi salah satu ikon Sumedang, karena ciri khas bangunan yang masih mempertahankan arsitektur lama.* harie - masjidraya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR