Senin, 16 September 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Muamalah

Mang Oded: Sanlat Membuka Wawasan dan Karakter Siswa

Selasa, 13 Juni 2017
humas setda kota bandung
WAKIL Walikota Bandung, Oded M. Danial, saat membuka serta memberikan arahan pada kegiatan Sanlat di SMP Negeri 34, Senin (12/6).*

MRB - Program Santri Kilat (Sanlat) yang diselenggarakan di sejumlah sekolah di Kota Bandung, didukung Pemerintah Kota Bandung. Dukungan tersebut hadir dengan datangnya Wakil Walikota Bandung, Oded M. Danial, pada pembukaan program Santri Kilat di SMP Negeri 34 Bandung.

Dijelaskan Mang Oded, dengan sanlat karakter serta wawasan siswa dapat menjadi lebih baik. Sanlat juga merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengundang keberkahan.

“Dengan Sanlat ini bisa membuka wawasan keagamaan dan membentuk karakter,” ucap Mang Oded, yang membuka serta memberikan arahan pada kegiatan Sanlat di SMP Negeri 34, Senin (12/6/2017).

Mang Oded menambahkan, Program Sanlat tersebut harus diikuti secara maksimal dan penuh semangat, sehingga nantinya setelah sanlat setiap murid dapat ilmu bermanfaat yang bisa diamalkan.

“Jadi setelah sanlat ini harus ada ilmu atau pelajaran yang didapat. Jangan lupa, ilmu yang didapatkan tersebut harus diamalkan,” tuturnya di hadapan sekitar 600 siswa yang mengikuti kegiatan sanlat yang dihelat selama seminggu tersebut.

Mang Oded menyampaikan, di bulan suci yang penuh berkah ini segala kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya. Oleh karena itu, ibadah harus senantiasa ditingkatkan.

“Insya Allah di bulan suci Ramadan segala kebaikan akan ditingkatkan. Untuk itu, kita jangan sampai mengurangi kesempatan ibadah dengan nilai lebih di bulan yang penuh berkah ini,” jelasnya.

Mang Oded kemudian mengajak seluruh siswa dan guru yang hadir pada kesempatan tersebut untuk bersyukur dan menghindarkan diri dari kufur dengan cara melaksanakan infaq shodaqoh.

“Jadi jangan sampai kita kufur nikmat, infaq shodaqoh harus kita berikan sebagai bentuk syukur kita terhadap nikmatNya,” jelas Mang Oded.

Dengan banyak berzakat dan bersodaqoh, Mang Oded menambahkan, akan banyak membawa diri jauh dari kufur nikmat, sebagaimana pada setiap ayat yang mencantumkan perintah shalat dalam Al Quran pasti di dalamnya mencantumkan pula perintah untuk bersodaqoh.

“Di sini diperlihatkan bahwa Allah ingin membuat suatu keseimbangan, di antaranya dengan cara membangun diri kita sendiri dengan shalat dan membangun sekeliling kita dengan cara bersodaqoh,” tuturnya.* harie - masjidraya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR