Jumat, 22 November 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Muamalah
Masjid Raya Bandung

Poros Wisata Religius Jawa Barat

Minggu, 2 Juli 2017
dok.mrb
MASJID Raya Bandung yang arsitekturnya menyerupai Masjid Nabawi ini telah menjadi poros wisata religius Kota Bandung bahkan Jawa Barat.*

MRB - Terletak di pusat Kota Bandung, Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat memiliki fungsi strategis bagi kehidupan agama dan sosial di sekitarnya. Masjid Raya Bandung tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah maupun muamalah, namun juga menjadi pusat syiar Islam dan ukhuwah Islamiah, serta sebagai oase sekaligus elemen estetika bagi lingkungan sekitarnya.

"Sebagai tempat ibadah dan pusat syiar Islam, kami sudah melakukannya sejak dulu dan sampai sekarang terus mengembangkannya. Melalui syiar yang kami lakukan, kami berusaha mewarnai kehidupan umat Islam Kota Bandung khususnya dan Jawa Barat umumnya," ujar Ketua DKM Masjid Raya Bandung, Drs. H. Tjetje Soebrata, SH, MM yang akrab disapa Abah Tjetje.

Sebagai oase, kata Abah Tjetje, Masjid Raya Bandung berusaha menjadi tempat untuk mengaktualisasikan pesan-pesan agama Islam dalam kehidupan umatnya.

"Sebagai agama kehidupan, Islam baik langsung maupun tidak langsung bersentuhan dengan problematika kehidupan masyarakat, kapanpun dan dimanapun. Oleh karenanya, Masjid Raya Bandung menjadi oase bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka terhadap ilmu-ilmu agama," katanya.

Masjid Raya Bandung yang arsitekturnya menyerupai Masjid Nabawi di Madinah, ungkap Abah Tjetje, juga telah menjadi poros wisata religius Kota Bandung bahkan Jawa Barat. Masjid Raya Bandung memiliki banyak daya tarik wisatanya. Di samping karena memang merupakan masjid terbesar di Jawa Barat dan berada di jantung Kota Bandung, Masjid Raya Bandung memiliki menara kembar yang bisa dimanfaatkan para pengunjung untuk menerawang memandang lepas seantero Bandung, dari ketinggian 99 meter.

"Sebagai salah satu tujuan wisata religius, Masjid Raya Bandung mempunyai potensi sejarah, keindahan, dan kegiatan keagamaan yang perlu diketahui oleh umat Islam," kata Abah Tjetje. Insya Allah, tambahnya, lewat MasjidRaya.com syiar yang ditebar dari masjid menara kembar ini akan lebih menyebar.* abu ainun - masjidraya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR