Rabu, 23 Oktober 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Dakwah
Muhasabah

Peran Empati

Minggu, 9 Juli 2017

MRB - Abbad bin Khawash menyapa para ilmuwan, "Janganlah kamu memperindah diri dengan mencela bid'ah, sebab keburukan ahli bid'ah tidak akan meningkatkan kebaikan dirimu. Janganlah mencela bid'ah dengan menyerang para pelakunya, karena serangan itu sebenarnya bersumber dari keburukan dirimu sendiri.

Tidak selayaknya seorang dokter mengobati pasien dengan obat yang dapat menyembuhkan orang lain, tetapi membuat dirinya sendiri sakit. Jika sakit, tentu saja dia akan sibuk untuk mengobati dirinya sendiri, sehingga tidak dapat mengobati orang lain. Namun, yang harus dilakukan ialah dia mengupayakan kesehatan bagi dirinya sendiri supaya dia mampu mengobati orang lain.

Dalam menghadapi suatu keganjilan yang dilakukan oleh saudaramu sendiri, hendaklah kamu memandangnya dengan empati, dengan nasihat yang diberikan Allah kepadamu, dan dengan kasih sayang terhadap saudaramu sendiri. Di samping itu, hendaklah kamu memperhatikan aneka kekurangan dirimu sendiri, bukan kekurangan orang lain."* abu ainun/"Pengalaman Ruhaniah Kaum Shufi" - masjidraya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR