Rabu, 25 November 2020 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Muamalah

Zeintour-Masjid Raya Bandung, Terjalinnya Ikatan Batin

Rabu, 2 Agustus 2017
dok.pri
ZEINTOUR bertekad untuk menjadi pelayan tamu Allah SWT, dengan berupaya semaksimal mungkin menghantarkan para tamu Allah SWT secara ikhlas dan tawakal.*

MRB - Telah beberapa kali Ketua DKM Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Tjetje Soebrata, SH., MM., atau yang akrab disapa Abah Tjetje malaksanakan ibadah umrah dan haji. Namun selama itu pula, belum ada “kecocokan” dengan travel yang digunakan. Hingga kemudian pada tahun 2014, Abah Tjetje bertemu dengan H. Zenal Abidin, yang tiada lain pemilik dan pimpinan PT. Zein Internasional (Zeintour).

“Sejak saat itu, seperti ada ikan batin dengan Abah Tjetje, hingga kemudian Zentour pun masuk Masjid Raya Bandung,” cerita H. Zenal, pada MasjidRaya.com, di Ruang Kaca, Lantai II. Masjid Raya Bandung, Senin (31/7).

Diakui H. Zenal, dari sekitar 40 majelis taklim yang beraktivitas di Masjid Raya Bandung, masing-masing kerap membawa travel “jagoannya” untuk dipakai jamaah. Tetapi ketika ada masalah, justru yang dikomplain adalah Masjid Raya Bandung sendiri yang sebenarnya tidak tahu apa-apa.

“Untuk tetap menjaga nama baik Masjid Raya Bandung, khususnya dalam bidang perjalanan haji dan umrah, maka dibuatlah jalinan kerja sama antara Masjid Raya Bandung dengan Zeintour,” tutur H. Zenal.

Sejak 2015, KBIH Masjid Raya Bandung pun mulai memanfaatkan Zeintor sebagai travel perjalanannya. Dikarenakan Zeintor menerapkan kebijakan setiap 20 orang yang umrah melalui KBIH Masjid Raya Bandung mendapatkan jatah gratis seorang untuk diberangkatkan umrah, maka sampai saat ini sedikitnya telah ada 15 marbot Masjid Raya Bandung yang diberangkatkan ke Tanah Suci. Belum lagi untuk pembimbing haji, dua orang setiap pemberangkatan.

“Intinya, ikatan batin antara kami (Zeintour dengan Masjid Raya Bandung, Red,-) terasa semakin kuat. Kami semakin nyambung dengan pengurus DKM Masjid Raya Bandung,” ungkap H. Zenal.

Layani Berbagai Kalangan
Diceritakan H. Zenal, PT. Zein Internasional (Zeintour) didirikan pada 19 Oktober 2012, dengan motivasi membangun kabaikan dunia dan akhirat.

“Berdasarkan motivasi tersebut, Zeintour bertekad untuk menjadi pelayan tamu Allah SWT, dengan berupaya semaksimal mungkin menghantarkan para tamu Allah SWT secara ikhlas dan tawakal kepada-Nya, agar semua rangkaian ibadahnya diterima Allah SWT untuk mencapai keridlaannya sepanjang masa,” papar H. Zenal, seraya menuturkan jamaah pertama yang diberangkatkan Zeintour ke Tanah Suci dilakukan pada 6 Januari 2013.

Dikatakan H. Zenal pula, selain menjalin kerja sam dengan Masjid Raya Bandung, Zeintour bekerja sama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, khususnya dengan DKM Masjid Al Furqon, UPI, Bandung, serta beberapa institusi lainnya.

Diakui H. Zenal, PT. Zein Internasional (Zeintour) yang kini telah mendapatkan SK. PPIU No. 492 Tahun 2017 dari Kementerian Agama RI ini, semakin berkembang dan jasanya dimanfaatkan masyarakat, terutama dengan telah menerapkan “5 Pasti” sebagaimana dipersyaratkan Kemenag RI sendiri. 5 Pasti dimaksud, yaitu pasti travelnya, pasti jadwalnya, pasti terbangnya, pasti hotelnya, dan pasti visanya.

Keistimeaan Zeintour lainnya, diakui H. Zenal, adalah dalam pelayanan yang optimal, bimbingan dalam ibadah yang bekesinambungan, dan terbukanya kesempatan untuk bermitra.

Bila selama ini Zeintour melayani masyarakat ekonomi menengah ke atas, kini Zeintour pun fokus pada masyarakat menengah ke bawah dan masyarakat berpenghasilan sedang.

“Tanpa mengurangi kualitas pelayanan, kami akan berusaha melayani masyarakat dari berbagai kalangan,” kata H. Zenal.

Zeintour sendiri yang berkantor pusat di Jalan Cihanjuang, Kp. Karangsari No. 15, RT 01/RW 13, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, kini memiliki beberapa cabang, yaitu Cabang Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Cimahi, Karawang, Jakarta, Garut, dan Sumedang. Sedangkan Subang dan Tasikmalaya, dalam tahap rencana.

Dengan motivasi pendirian untuk membangun kebaikan dunia dan akhirat, sungguh sangat wajar bila Zeintour kini semakin berkembang. Lebih sangat wajar lagi, bila ikatan batin dengan Masjid Raya Bandung atau dengan institusi/jamaah lainnya semakin terjalin erat pula.* hariyawan – MasjidRaya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR