Minggu, 20 Oktober 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Syiar

Coaster Shalawat, Cara Nyaman ke Masjid Nabawi

Rabu, 9 Agustus 2017
IST.
COASTER shalawat adalah alat transportasi yang disediakan khusus untuk menjemput dan mengantar jamaah dari hotel ke Masjid Nabawi.*

MRB – Jamaah calon haji (calhaj) yang tiba di Madinah, jangan heran kalau melihat coaster shalawat hilir mudik di jalan-jalan menuju Masjid Nabawi. Coaster shalawat adalah alat transportasi yang disediakan khusus untuk menjemput dan mengantar jamaah dari hotel ke Masjid Nabawi. Tak heran jika mendekati dan setelah shalat fardlu, bus shalawat terlihat hilir mudik menurunkan dan menaikkan penumpang.

Coaster shalawat di Madinah diadopsi dari bus shalawat yang sudah lebih dulu beroperasi di Mekah.

Jamaah yang menempati hotel berjarak 1,5 km atau lebih dari Masjidil Haram, disediakan fasilitas khusus berupa mobil antar jemput dari hotel ke Masjidil Haram. Bus shalawat memang dikhususkan untuk membantu mereka yang akan menunaikan shalat fardlu di Masjidil Haram. Bus shalawat di Mekah siap siaga 24 jam sampai dengan 5 hari menjelang pelaksanaan wukuf di Arafah dan setelah puncak haji hingga seluruh jamaah meninggalkan Kota Mekah.

Kepala Seksi Akomodasi Daker Madinah, Ihsan Faisal mengatakan, coaster shalawat di Madinah mulai digunakan pada musim haji tahun ini. Tidak seperti di Mekah yang armadanya menggunakan bus, di Madinah dipilih jenis minibus yang biasa disebut coaster dengan kapasitas 25 tempat duduk.

Sebanyak 11 unit coaster disiapkan untuk membawa jamaah yang tinggal di hotel berjarak 600 meter dari Masjid Nabawi. Coaster shalawat disediakan oleh majmuah, yaitu pengelola penginapan haji

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah, Amin Handoyo mengatakan, coaster shalawat akan mengangkut sekitar 1.213 jamaah calhaj. Ribuan calon haji itu tinggal di 17 hotel yang berlokasi lebih dari 600 meter dari Masjid Nabawi.

Coaster salawat akan beroperasi tiga jam sebelum shalat Subuh hingga tiga jam setelah shalat Isya. Bus sudah menunggu tiga jam sebelum berangkat di halte terdekat, baik di hotel maupun di Masjid Nabawi.

Rute-rute yang dilalui coaster shalawat adalah, dari halte depan Top Ten Mall sampai putaran Malik Fath (500 meter dari pintu 21 halaman Masjid Nabawi), dari halte depan Hotel Aliyah hingga perhentian di halte depan pintu 7 Masjid Nabawi. Untuk Hotel Aliyah, selain ada dua coaster, terdapat pula dua bus untuk mengangkut jamaah haji Indonesia ke Masjid Nabawi dan kepulangan ke hotel.* ati/mch – MasjidRaya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR