Jumat, 20 September 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Mimbar
H. Aos Sutisna

Kesekretariatan DKM Masjid Raya Bandung Koordinasikan Peningkatan Layanan pada Jamaah

Sabtu, 12 Agustus 2017
hariyawan/masjidraya.com
SEKRETARIS DKM Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Aos Sutisna, M.Ag.*

MRB - Di bawah koordinasi Sekretaris Umum, kegiatan Kesekretariatan DKM Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat diarahkan pada bagaimana melakukan pembinaan khadim, peningkatan disiplin, pelayanan kerumahtanggaan, ketaatan, dan produktivitas kerja para pengurus dan khadim dapat ditangani, sehingga menjadi pelayanan jamaah yang profesional, ramah, dan responsif.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris DKM Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Aos Sutisna, M.Ag., terkait kegiatan kesekretariatan, kepada MasjidRaya.com, di ruang kerjanya, Jumat (11/8/2017).

“Dengan koordinasi yang baik, semua program kerja akan berjalan sesuai rencana. Hal ini bisa berjalan berkat dukungan semua pihak terkait, semua bagian, mengingat upaya melayani jamaah dalam kerangka memakmurkan masjid adalah hasil kerja kolektif,” kata H. Aos, yang sebelumnya mengabdikan diri di Kanwil Depag Jabar ini.

H. Aos yang menjadi pengurus di DKM Masjid Raya Bandung (kala itu masih Masjid Agung Bandung) sejak tahun 2000 –sebagai Sekretaris 1--, menjelaskan bahwa tugas pokok Sekretaris DKM adalah membantu ketua DKM dalam mengatur organisasi dan pengelolaan kesekretariatan serta melaksanakan program kerja dan kegiatan DKM.

Adapun fungsi dan rincian tugas Kesekretarian DKM, jelas H. Aos, yaitu melaksanakan pengaturan organisasi dan pengelolaan kesekretariatan; melaksanakan koordinasi perumusan rencana program kerja dan kegiatan; melaksanakan koordinasi pelaksanaan kegiatan dan acara; melaksanakan koordinasi dengan pihak-pihak terkait; melaksanakan koordinasi penyusunan evaluasi dan pelaporan program kegiatan; serta melaksanakan tugas lain sesuai pokok dan fungsinya.

Dituturkan H. Aos, Program Kerja Kesekretariatan DKM Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat pada 2017, meliputi pembinaan khadim, berupa pembinaan personil secara perseorangan maupun secara menyeluruh melalui briefing (tentang disiplin kerja dan peningkatan pelayanan kepada jamaah, baik secara berkala maupun insidentil; apel Sabtu; kuliah dhuha.

Selain itu, masih kata H. Aos, Kesekretariatan berupaya meningkatkan kesejahteraan pengurus dan khadim, meningkatkan pelayanan pada jamaah, meningkatkan pelayanan rumah tangga, penyediaan cenderamata dan hubungan intra dan ekstra. Untuk pelayanan jamaah yang lain, yaitu penyediaan Tempat Penitipan Anak (TPA) berbasis PAUD.

“Sekali lagi saya ingatkan, keberhasilan program kerja Kesekretariatan DKM sangat bergantung pada kolektivitas kerja semua pengurus, semua bidang, semua bagian. Untuk itu, kerja kolektif dalam upaya memakmurkan masjid ini senantiasa harus kita jaga dan tingkatkan,” pungkas H. Aos.* hariyawan – MasjidRaya. com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR