Jumat, 22 November 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Muamalah

Wahai Jamaah, Butuh Pelayanan? Datangi Kontainer PPIH

Minggu, 13 Agustus 2017

MRB – Panita Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Mekah terus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada jamaah haji Indonesia. Sejumlah pelayanan diberikan kepada jamaah supaya mereka dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan aman, nyaman, dan lancar.

Salah satu pelayanan yang diberikan kepada jamaah adalah menyediakan kontainer dan mobil coaster layanan di terminal haji sekitar Masjidil Haram, yaitu Terminal Syib Amir, Bab Ali, dan Terminal Jihad. Akan ada dua kontainer di terminal Syib Amir, satu di Terminal Jiad, dan satu mobil coaster di Terminal Bab Ali.

Kontainer tersebut menjadi ruang layanan petugas sektor khusus kepada jamaah haji Indonesia saat berada di Masjidil Haram. Selain memudahkan untuk jamaah haji, keberadaan kontainer tersebut juga memudahkan pelaksanaan tugas tim sektor khusus Masjidil Haram dalam melayani jamaah.

Penyediaan kontainer ini didasarkan pada hasil evaluasi penempatan pos layanan Sektor Khusus. Tahun 2016 misalnya, pos layanan sektor khusus berada di lantai atas Hotel Hilton. Posisi ini dinilai kurang strategis, karena selain jauh, lokasinya juga tidak mudah terlihat dan diakses jamaah yang membutuhkan layanan.

Kontainer yang disiapkan sebagai pos layanan ini merupakan bantuan dari perusahaan transportasi. Selain layanan perlindungan jamaah dari sektor khusus, kontainer ini juga akan digunakan sebagai pos petugas layanan transportasi.

Selain itu, pada musim haji tahun ini, juga disiapkan pos layanan di Jumum dan Shumaishi buat para petugas. Jumum merupakan lokasi pemeriksaan dokumen jemaah (check point) yang datang dari Jeddah sebelum memasuki Mekah. Sedang Shumaishi menjadi check point jamaah yang datang dari Madinah.

"Keberadaan pos ini diharapkan akan memudahkan petugas dalam memantau pergerakan jamaah yang datang dari Jeddah dan Madinah," tuturnya.* ati – MasjidRaya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR