Jumat, 22 November 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Kabar
Keputusan Sidang Itsbat

Idul Adha Jatuh pada 1 September 2017

Selasa, 22 Agustus 2017

MRB – Awal bulan Zulhijjah 1438 Hijriah jatuh pada hari Rabu, 23 Agustus 2017. Dengan demikian tanggal 10 Zulhijjah 1438 H jatuh pada hari Jumat, 1 September 2017.

Demikian keputusan rapat sidang itsbat (penetapan) awal Zulhijjah 1438 Hijriah yang digelar di kantor Kementerian Agama RI, Jln. MH Thamrin No. 6 Jakarta, Selasa, 22 Agustus 2017.

Sidang itsbat awal Zulhijjah 1438 Hijriah dihadiri duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR-RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi dan Geospasial (BIG), Bosscha Institute Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari Ormas Islam, lembaga instansi terkait, pejabat eselon I dan eselon II Kementerian Agama dan tim hisab dan rukyat Kementerian Agama.

"Sudah kita tentukan bahwa tanggal 1 Zulhijjah akan jatuh pada hari Rabu Kliwon tanggal 23 Agustus 2017. Jadi malam ini sudah bertepatan dengan 1 Zulhijjah, sudah dipastikan. Maka untuk menentukan Hari Raya Idul Adha tentu akan ditentukan 10 hari dari besok," kata Sekjen Kemenag, Nur Syam mewakili Menteri Agama.

Menurut Nur Syam, ketinggian dan umur hilal sudah cukup untuk menentukan awal Dzulhijjah. "Lama hilal, itu adalah 31 menit 55 detik, tinggi berada pada 7,55 derajat, berada diantara 6-8 derajat. Dengan padangan-pandangan ini maka bisa dinyatakan posisi hilal sudah sangat tinggi," katanya.

Penentuan awal Zulhijjah 1438 H, ini merupakan hasil rukyatul hilal di seluruh Indonesia yang dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag dan Kemenag Kabupaten/Kota. Penentuannya bekerja sama dengan Peradilan Agama dan Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam serta instansi terkait setempat. Ada tujuh puluh lokasi rukyatul hilal awal Zulhijjah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dikutip dari Kemenag.go.id, sidang Itsbat awal Zulhijjah 1438 H diawali dengan paparan posisi hilal awal bulan Zulhijjah1438 H oleh anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya. Selain Sekjen Kemenag , Nur Syam, sidang itsbat dihadiri Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, dan Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin. Sidang itsbat digelar usai shalat Magrib, dilakukan secara tertutup di Auditorium H.M. Rasjidi lalu dilanjutkan dengan jumpa pers hasil sidang itsbat.

Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya menyampaikan, posisi hilal awal Zulhijjah di lokasi pemantauan rukyat Pelabuhan Ratu tingginya mencapai 7,50 derajat, jarak busur Bulan-Matahari 7,54 derajat, umur hilal, 16 jam 22 menit 22 detik, dam fraksi iluminasi hilal, 0,61 persen. “Sudah memenuhi kriteria Mabims (tinggi hilal minimal 2?, elongasi Bulan-Matahari 3? atau umur hilal minimum 8 jam,” ujar Cecep.* ati – MasjidRaya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR