Rabu, 23 Oktober 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Mimbar
H. Adang Rukmana

Dari Masjid Raya Bandung, Rasa Aman dan Nyaman Beribadah Disosialisasikan

Rabu, 23 Agustus 2017
hariyawan/masjidraya.com
KETUA Bidang Keamanan, Ketertiban, dan Kebersihan, Kombes Pol. (Purn.), H. Adang Rukmana, SH. MH..*

MRB – Menyadari terhadap pentingnya pencegahan dan penanggulangan bencana, terutama terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran, sehingga lebih jauh dapat menjaga pelaksanaan ibadah secara aman dan nyaman, DKM Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, Sabtu (19/8), mengundang personil dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, untuk memberikan pelatihan sederhana tentang penanggulangan kebakaran.

Seperti diketahui, Program Riayah di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat menjadi amat penting bagi kenyamanan dan kekhusyukan, kelancaran ibadah para jamaah, karena aspek penataan ruangan, fasilitas-fasilitas masjid diarahkan agar para jamaah dan pemakmur masjid dapat melaksanakan ibadah secara aman, nyaman, dan damai.

Program Riayah di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat terdiri atas dua bidang, yaitu Bidang Perlengkapan dan Pemeliharaan Bangunan serta Bidang Keamanan, Ketertiban, dan Kebersihan.

Terkait dengan bidang keamanan, dengan dilakukannya pelatihan sederhana tentang penanggulangan kebakaran, Ketua Bidang Keamanan, Ketertiban, dan Kebersihan, Kombes Pol. (Purn.), H. Adang Rukmana, SH. MH., menyatakan pelatihan tersebut sangat membantu, baik bagi pengurus DKM maupun karyawan lainnya. Mereka yang belum tahu, menjadi tahu. Mereka yang sudah tahu, menjadi semakin tahu.

“Pelatihan yang diberikan sangat membantu, apalagi praktek yang diberikan sangat sederhana, yang penting tahu caranya dan jangan gugup. Harus tetap tenang saat terjadi kebakaran. Jangan hanya berteriak-teriak kebakaran, karena sekeras apa pun teriakan kita, tidak akan mampu memadankan api,” tutur H. Adang.

Dengan pelatihan tersebut, kata H. Adang, pengurus dan DKM menjadi mengenal, mengetahui, dan mengusai cara penanggulangan kebakaran.

“Pengetahuan ini akan disosialisasikan oleh pengurus DKM dan karyawan kepada majelis taklim dan jamaah secara keseluruhan. Dengan demikian, jamaah Masjid Raya Bandung memiliki pengetahuan terhadap penanggulangan bencana, sehingga bisa diterapkan di wilayah atau rumahnya masing-masing. Berawal dari Masjid Raya Bandung, keluarga seluruh jamaah menjadi aman dan nyaman. Dalam menjalankan ibadah pun menjadi lebih khsusyuk dan tenang,” papar H. Adang, yang dalam kegiatan pengamanan dan penertiban, mengaku berkoordinasi dengan instansi terkait tingkat Pospol sampai dengan Polda Jabar dan Koramil sampai dengan Kodam III/Siliwangi.

Diakui H. Adang, keterpaduan Bidang Perlengkapan, Pemeliharaan Bangunan, serta Keamanan, Ketertiban, dan Kebersihan, menjadi sangat vital bagi kenyamanan pelaksanaan ibadah. Bagaimana pun, aspek tempat, ruangan, peralatan, perlengkapam, suasana yang tertib dan indah menjadi faktor daya tarik para jamaah untuk selalu melaksanakan kegiatan ibadahnya di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat.* hariyawan – MasjiRaya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR