Jumat, 20 September 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Muamalah

Kredit Mesra, dari Masjid untuk Kesejahteraan Umat

Kamis, 24 Agustus 2017
Diskominfo – PPID
WALIKOTA Bandung, M. Ridwan Kamil, dan Wakil Walikota Bandung, Oded M. Danial, turut menyaksikan peluncuran Kredit Mesjid Sejahtera (Mesra) di Masjid Ukhuwah Kota Bandung, Senin (21/8).*

MRB - Kredit Mesjid Sejahtera (Mesra) resmi diluncurkan oleh Pemerintah Kota Bandung, ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara PD. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota Bandung dengan Koperasi Syariah Masjid di Masjid Ukhuwah Kota Bandung, Senin (21/8). Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil, dan Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, turut menyaksikan peristiwa bersejarah itu.

Kredit Mesra berasal dari gagasan untuk menjadikan masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga pusat pertumbuhan ekonomi masyarakat. Melalui masjid, pemerintah kota dan Majelis Ulama Indonesia Kota Bandung ingin mendekatkan lembaga finansial ke masyarakat.

“Ini bukan hibah bansos, tapi adalah kredit untuk berusaha yang diharapkan meningkatkan kesejahteraan warga di sekitar masjid,” ucap Ridwan usai peluncuran Kredit Mesra.

Tidak hanya memberikan pinjaman modal, pihak masjid akan memberikan pelatihan dan pembinaan terhadap peminjam. MUI Kota Bandung akan bertugas sebagai pengawas dan pembina koperasi di masjid-masjid. Saat ini, ada 27 koperasi berbasis masjid yang tersebar di seluruh wilayah di 19 kecamatan.

Pengajuan kredit Mesra ini juga tergolong mudah. Warga hanya perlu menyerahkan foto kopi KTP, kartu keluarga, surat nikah (bagi yang sudah menikah), surat persetujuan pasangan (bagi yang sudah menikah), foto pemohon, foto usaha, dan rekomendasi dari koperasi syariah. Rekomendasi tersebut bertujuan agar penerima kredit ini dipastikan adalah jamaah masjid yang taat.

Kredit juga bisa diajukan secara berkelompok dengan plafond pinjaman sebesar Rp500.000-Rp2.500.000 perseorang, disesuaikan dengan hasil analisa PD. BPR Kota Bandung. Dengan suku bunga 0%, jangka waktu 12 bulan, dan tanpa agunan, kredit ini diharapkan tidak akan memberatkan warga.

Selain mendorong masjid untuk menyosialisasikan kepada jamaahnya, PD. BPR Kota Bandung telah menyiapkan petugas untuk mencari nasabah dengan sistem ‘jemput bola’. Saat peluncuran dilakukan, ada 8 tim mobile yang siap terjun ke lapangan menawarkan kredit kesejahteraan ini kepada warga yang membutuhkan. Mereka adalah tim senior BPR Kota Bandung yang sudah berpengalaman.

Ridwan berharap, seluruh tim Kredit Mesra, baik dari pemerintah kota, MUI, DKM, maupun PD BPR Kota Bandung dapat menyukseskan program ini untuk kemaslahatan masyarakat. Kelak, ia berharap bisa mereduksi angka kemiskinan di Kota Bandung dengan peluang ini.

“Diharapkan para ketua DKM yang jumlah masjidnya ada 4.000 bisa proaktif mengentaskan kemiskinan dengan cara-cara syariah, dengan cara yang baik sehingga masjid menjadi simbol kebangkitan, tidak hanya tempat ibadah tetapi juga kebangkitan sosial dan ekonomi,” tegasnya.* harie – MasjidRaya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR