Rabu, 23 Oktober 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Mimbar
Oded M. Danial

Kegiatan Ekonomi, Termasuk Jihad

Kamis, 31 Agustus 2017
Diskominfo – PPID
WAKIL Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, ketika menyampaikan arahan pada Workshop Online UMKM PT. De’jilbab Berdaya Bersama Breakthrough Academy di Jalan Buana Sari Raya No. 15 Kelurahan Kujang Sari, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Selasa (29/8).*

MRB - Kegiatan ekonomi seperti berdagang merupakan jihad bila dilakukan karena Allah SWT. Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, ketika menyampaikan arahan pada Workshop Online UMKM PT. De’jilbab Berdaya Bersama Breakthrough Academy di Jalan Buana Sari Raya No. 15 Kelurahan Kujang Sari, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Selasa (29/8).

“Bapak dan Ibu sedang melaksanakan sebuah jihad yang merupakan amanah Allah SWT melalui surat QS Al Anfaal 8:60, yang berisi apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu, dan kamu tidak akan dianiaya, atau dirugikan,” ucap pria yang akrab disapa Mang Oded ini.

Terkait jihad ekonomi ini, Oded mengatakan bahwa kita harus terus mengikuti bagaimana teladan Nabi Muhammad SAW.

“Beliau dulu, sebelum jadi saudagar, dengan empat sifat yang dimilikinya, yaitu shiddiq, amanah, fathonah, dan tabligh, tumbuh menjadi teladan yang baik serta jujur,” ucap Oded.

Oded meneruskan, ketika Rasulullah SAW dewasa, jihad ekonominya menghasilkan keuntungan yang luar biasa.

“Bahkan dengan sifat shiddiq dan kepiawaian Rasulullah SAW dalam berdagang, Beliau berhasil tidak hanya dari sisi bisnis, tetapi juga Siti Khadijah yang saat itu sebagai mitra dagangnya mempersembahkan seluruh kekayaannya hingga kehormatannya kepada Rasulullah SAW untuk menjadi istrinya,” lanjut Oded.

Selain itu, Oded menyampaikan bila ingin jadi pengusaha sukses, kita harus pandai membangun silaturahim dengan siapa pun.

“Dengan kekuatan silaturahim, saya yakin Bapak dan Ibu akan mendapat network yang baik,” tutur Oded.

Oded menyampaikan demikian, karena menurutnya sebagai umat muslim, sebuah usaha haruslah berlandaskan atas pedoman Allah SWT, yaitu Al Quran dan Sunnah.

“Sudah seharusnya bisnis kita harus bisnis yang dibangun di atas fondasi Al Quran dan Sunnah,” pungkas Oded.* harie – MasjidRaya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR