Minggu, 15 September 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Muamalah

Indonesia Targetkan Jadi Pusat Pengembangan Ekonomi Syariah Global

Rabu, 6 September 2017
humas jabar
KEPALA BI Jabar, Wiwiek Sisto Widayat, di tengah kerumunan wartawan.*

MRB - Penyelengaraan “Indonesia Shari'ah Economic Forum” (ISEF) sejak 2014 bertujuan untuk mengenalkan bentuk kegiatan ekonomi dan produk keuangan syariah yang bertujuan menjadikan Indonesia sebagai pusat pengembangan ekonomi syariah global.

Kepala BI Jabar, Wiwiek Sisto Widayat, mengatakan dalam rangka menyukseskan ISEF tahun 2017 yang akan diadakan pada November 2017 di Surabaya, maka seluruh Kantor perwakilan Bank Indonesia yang tersebar di 34 provinsi secara serentak menyelenggarakan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar).

Untuk regional kawasan Timur Indonesia, sambung Wiwiek, dipusatkan di Makassar, regional Sumatera di Medan, dan regional Jawa dipusatkan di Bandung, dengan mengusung tema "Mendorong Peran Ekonomi Syariah dalam rangka penguatan ekonomi regional".

"Tujuan utama dari kegiatan Fesyar adalah agar pengembangan ekonomi syariah dapat dilakukan secara serentak di seluruh indonesia, melalui edukasi dan sosialisasi produk produk keuangan syariah bagi masyarakat,"katanya kepada wartawan di Gedung Sate Bandung, Selasa (5/9).

Perekonomian syariah memiliki peran yg sangat penting dan strategis dalam pembangunan nasional serta diharapkan menjadi solusi bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui sinergi dengan berbagai institusi pusat maupun daerah termasuk Bank Indonesia.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai ajang mempromosikan dan mendekatkan produk dan jasa UMKM industri kreatif dan ketahanan pangan berbasis syariah kepada masyarakat dalam upaya mengenalkan dan mendorong ekonomi syariah.

Beberapa tahapan penyelenggaraan Fesyar 2017 meliputi; Festival Ekonomi Syariah tingkat Jawa Barat diantaranya lomba kaligrafi, lomba dai cilik, lomba kesenian bernuansa islami, pemilihan entrepreneur muda syariah, dan pemilihan duta ekonomi syariah.

"Kegiatan ini dimulai sejak 1 Agustus 2017 sampai 3 September 2017," ujar Wiwiek.

Selain itu, penyelenggaraan Fesyar 2017 Regional Jawa yang akan berlangsung pada tanggal 13 - 15 September 2017 di Pusdai Bandung, akan diikuti oleh seluruh BI se-Jawa. Pesertanya merupakan pemenang dari lomba pada Fesyar 2017 tingkat Provinsi Jabar.

"Penyelenggaraan Fesyar 2017 itu, dalam rangka menyukseskan kegiatan ISEF ke-4 yang akan diselenggarakan pada November 2017 di Surabaya," pungkasnya.* harie – masjidraya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR