Jumat, 20 September 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Kabar

Ulama Aceh Pelopori Pembentukan Forum “Solidaritas Aceh untuk Rohingya”

Sabtu, 9 September 2017

MRB – Nasib muslim Rohingya di Myanmar terus mengundang simpati umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Aceh, Indonesia. Terketuk untuk membantu muslim Rohingya, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh menggelar pertemuan dengan sejumlah elemen sipil.

Pertemuan yang digelar di Ruang Pertemuan MPU, Jumat (8/9/2017), dihadiri sejumlah organisasi masyarakat, kepemudaan, lembaga swadaya masyarakat, organisasi kemahasiswaan dan beberapa tokoh masyarakat. Forum tersebut dibentuk untuk merespon persoalan krisis kemanusiaan yang terjadi di Rakhine, Rohingya Myanmar.

Pada pertemuan tersebut, disepakati membuat sebuah forum bersama bernama “Solidaritas Aceh untuk Rohingya”. Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk. Faisal Ali dipercaya sebagai koordinator forum tersebut.

Dalam pertemuan tersebut juga menghasilkan program kerja jangka pendek yang dibatasi 6 bulan. Tgk. Faisal Ali usai pertemuan mengatakan, pihaknya sengaja menggagas forum silaturahim antara elemen masyarakat Aceh yang selama ini begitu semangat menyuarakan penindasan yang dilakukan oleh pemerintah Myanmar terhadap muslim Rohingya.

“Keberadaan forum ini bisa menjadi satu semangat kebersamaan hingga mereka bisa berpikir panjang,” kata Lem Faisal sapaan akrab Tgk Faisal Ali seperti diberitakan Merdeka.com.

Forum juga, lanjutnya, bisa menambah nilai tawar untuk menekan negara-negara Islam di ASEAN untuk angkat bicara tentang krisis kemanusiaan yang terjadi di Myanmar. Apabila setiap negara Islam berjalan sendiri-sendiri tanpa terkomando, maka nilai tawarnya kecil, bahkan bisa saja diabaikan.

"Ke depan akan ada pertemuan OKI, kita akan mencoba menyampaikan suara masyarakat Aceh ini ke OKI dan juga kepada pemerintah kita ini, jangan hanya tidak melakukan sendiri-sendiri, sementara pemerintah tidak melakukan apa-apa," katanya.

Mengenai langkah konkret jangka pendek yang akan dilakukan, Lem Faisal menuturkan, akan melakukan penggalangan dana. Nantinya semua dana yang terkumlul akan dikelola dengan transparan oleh forum dan laporannya akan dipublikasikan secara berkala kepada publik.

"Kita juga akan melakukan pertemuan dengan pihak Gubernur, untuk membahas langkah-langkah strategis membantu Rohingya bersama pemerintah Aceh. Pemerintah Aceh kita meminta untuk ikut terlibat secara bersama-sama," katanya kepada Merdeka.com.* ati – MasjidRaya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR