Senin, 19 Agustus 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Muamalah

Rakornas Zakat Baznas 2017 Sumbang Rohingya Rp 3,5 Miliar

Sabtu, 7 Oktober 2017

MRB – Peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Zakat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) 2017 yang berakhir Kamis (5/10/2017), sepakat memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Muslim Rohingya sebesar Rp 3,5 miliar. Bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya itu berasal dari Baznas provinsi dan kabupaten/kota sebesar Rp1,5 miliar dan Baznas pusat sebesar Rp2 miliar sehingga total Rp3,5 miliar.

Ketua Panitia Rakornas Zakat Baznas 2017, Jaja Jaelani, mengatakan, bantuan akan disalurkan oleh tim Baznas Tanggap Bencana untuk para pengungsi Rohingya di Myanmar dan perbatasan Bangladesh. “Dalam waktu dekat tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) segera berangkat ke daerah tempat pengungsian etnis Rohingya yang ada di wilayah Myanmar dan perbatasan Bangladesh,” ungkap Jaja di Jakarta, Jumat (6/10/2017).

Keputusan peserta Rakornas Zakat Baznas 2017 tersebut mendapat apresiasi Ketua Baznas, Bambang Sudibyo. "Saya mengapresiasi panitia dan Sekretaris Baznas yang juga Ketua Panitia Rakornas 2017, Pak Jaja Jaelani. Alhamdulillah rakornas bisa dibuka oleh Wapres RI Pak Jusuf Kalla dan dihadiri menteri," katanya dalam pidato penutupan Rakornas itu.

Sementara itu, dalam pidatonya, Bambang mengatakan, kebangkitan zakat di Tanah Air diharapkan dapat meningkatkan pengumpulan zakat nasional dengan pertumbuhan minimal 25% setiap tahun dan target pengumpulan zakat nasional pada 2018 sebesar Rp8,77 triliun. Selain itu, juga dapat meningkatkan jumlah muzaki (pembayar zakat) individu menjadi 5,85 juta orang dan muzaki badan menjadi sebanyak 5.000 badan pada 2018.

“Rakornas juga mengusulkan kepada Menteri Keuangan agar zakat yang dibayarkan melalui Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) menjadi pengurang pajak, bukan hanya pengurang pendapatan kena pajak,” ujarnya.

Adapun resolusi hasil Rakornas Zakat Baznas 2017 lainnya adalah meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam publikasi, sosialisasi, dan edukasi berzakat melalui amil zakat resmi, yaitu Baznas dan LAZ. Kemudian mempercepat proses revisi Instruksi Presiden No.3 Tahun 2014 menjadi Peraturan Pemerintah atau Perpres tentang pemotongan zakat Aparatur Sipil Negeri dan pegawai BUMN/BUMD beserta anak cucu perusahaan.* ati – MasjidRaya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR