Rabu, 23 Oktober 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Mimbar
Muhammad Abdul Faqih

Santri Krapyak Ini Juara Hafalan Al Quran Tingkat Internasional

Kamis, 19 Oktober 2017
IST.
MUHAMMAD Abdul Faqih, pemenang ketiga Musabaqah Hifzil Quran tingkat internasional di Arab Saudi.*

MBR – Muhammad Abdul Faqih, santri Ponpes Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta menjadi pemenang ketiga hafalan Al Quran 30 juz pada Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) tingkat internasional di Masjidil Haram, Arab Saudi. MHQ yang digelar pada 7-11 Oktober 2017, diikuti peserta dari negara-negara Islam di dunia.

Sebagai pemenang ketiga, Abdul Faqih mendapat hadiah berupa uang sebesar 80.000 real dari Kerajaan Arab Saudi. Selain itu, ada juga piagam penghargaan.

Abdul Faqih yang tinggal di Lopait RT 02/RW 01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang ini mengungkapkan rasa bahagianya bisa menjadi salah satu pemenang Musabaqah Hifzil Quran tingkat internasional. Dalam lomba yang dilangsungkan di kompleks Masjidil Haram tersebut, Faqih mendapat nilai 98,6. Sedangkan pemenang pertama dari Bangladesh dengan nilai 99 dan pemenang kedua dari Nigeria dengan nilai 98,8.

Abdul Faqih yang baru tiba di Tanah Air pada 15 Oktober 2017 ini, mengungkapkan, keikutsertaannya pada MHQ di Arab Saudi, melalui proses panjang. Ia mengikutinya dari tingkat bawah, ketika Pemkab Semarang menyelenggarakan MHQ pada tahun 2015.

Pada MHQ tahun 2015 tersebut, santri berusia 21 tahun ini berhasil menjadi pemenang pertama MHQ tingkat Kabupaten Semarang. Kemudian, pada akhir Desember 2015 menjadi pemenang pertama di tingkat nasional. Pada Juli 2016, Ia dikirim mewakili Jawa Tengah dalam MTQ di NTB dan meraih peringkat kedua.

Pada sekitar bulan Juni 2017, lanjut anak pemilik Ponpes Roudhotul-Huffadz ini, Ia dihubungi Kemenag RI untuk menjadi wakil Indonesia MHQ tingkat Internasional di Arab Saudi. "Saya dikabari untuk berangkat pada 4 Oktober 2017, " ujarnya.

Keberhasilannya sangat membanggakan warga Desa Lopait. Ketika pulang, Abdul Faqih disambut warga dengan arak-arakan sejak dari jalan besar sampai rumah. Ada juga tasyakuran sebagai bentuk kebahagiaan atas prestasinya.

Tak hanya disambut oleh warga di sekitar rumahnya, setiba di Jakarta pada Senin (16/10/2017), Abdul Faqih disambut oleh Dirjen Penerangan Agama Islam Kemenag RI. Sementara di Semarang, Ia disambut oleh Kakanwil Kemenag Jateng.* ati – MasjidRaya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR