Minggu, 15 September 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Kabar

Halaqah Ulama ASEAN 2017 Hasilkan Tiga Kesepakatan

Selasa, 24 Oktober 2017
IST.
KAPUSLIT Pendidikan Agama dan Keagamaan Kemenag, Amsal Bakhtiar saat menutup Halaqah Ulama ASEAN 2017.*

MRB - Halaqah Ulama ASEAN yang berlangsung di Jakarta, sudah berakhir. Hajat ulama se-ASEAN yang berlangsung pada 17-19 Oktober 2017 tersebut, dihadiri undangan peserta dari negara kawasan ASEAN, China, dan Amerika Serikat.

Halaqah ulama ASEAN ditutup Kapuslit Pendidikan Agama dan Keagamaan Kementerian Agama (Kemenag), Amsal Bakhtiar. Dari acara tersebut, ada tiga rencana aksi yang fokus dan bisa dilaksanakan. Pertama, menyelenggarakan penelitian kolaborasi antara peneliti-peneliti di ASEAN dalam hal Islam wasathiyah atau kearifan lokal di ASEAN. Rencana ini sudah bisa dilaksanakan tahun depan.

Kedua, melakukan pemetaan pesantren-pesantren yang mempunyai daya saing tinggi dalam ekonomi, akademik, usaha-usaha dan outputnya. Tujuannya untuk memperoleh pesantren yang menjadi role model ke depan. Rencana aksi ketiga, melakukan pertukaran guru, ustaz, dan santri antar-negara-negara se-ASEAN.

“Tiga (rencana aksi) hal ini yang menjadi poin pokoknya, sebenarnya poinnya ada 17 yang tidak mungkin kita kerjakan dalam waktu yang cepat karena itu akan beri imbas juga dananya. Tapi kalau kita fokuskan pada tiga hal tersebut kita bisa back up, kita lihat perencanaannya dan dananya,” ungkap Amsal Bakhtiar.

Yang terpenting, lanjutnya, semua rencana tersebut bisa direalisasikan. “Tidak hanya konsep, tidak hanya gambaran umum saja, yang terpenting ada aksinya,” ucapnya.* ati – MasjidRaya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR