Rabu, 23 Oktober 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Muamalah
Setelah Mendapat Tashih dari LPMQ

Masyarakat Diperbolehkan Mencetak Mushaf Al Quran

Jumat, 27 Oktober 2017
IST.
MENTERI Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin melihat percetakan Al Quran milik Kementrian Agama (Kemenag) di Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/10/2017).*

MRB – Pemerintah Indonesia memperbolehkan masyarakat mencetak mushaf Al Quran. Namun ada syaratnya, yaitu naskah yang akan dicetak harus mendapatkan tashih terlebih dahulu dari Lembaga Pentashihan Mushaf Al Quran (LPMQ).

Demikian disampaikan Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin saat meresmikan percetakan Al Quran milik Kementerian Agama (Kemenag) di Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/10/2017). Peresmian diikuti dengan pencetakan kedua Mushaf Al Quran Standar Indonesia oleh Unit Percetakan Al Quran (UPQ).

Percetakan Al Quran milik Kemenang berada di bawah Unit Percetakan Al Quran (UPQ) Ditjen Bimas Islam. UPQ sudah dua kali cetak mandiri Mushaf Al Quran Standar Indonesia. Sebanyak 35ribu pada 2016 dan 110ribu tahun ini.

Jauh sebelum UPQ melakukan cetak mandiri berbasis APBN, Kemenag juga memiliki satuan kerja yang bertugas melakukan tashih Al Quran. Satker tersebut adalah LPMQ yang menjadi binaan Badan Litbang dan Diklat Kemenag. Setiap Mushaf Al Quran yang diterbitkan, dicetak, dan/atau diedarkan di Indonesia wajib memperoleh Surat Tanda Tashih atau Surat Izin Edar dari LPMQ.

“Masyarakat boleh mencetak atau menerbitkan Al Quran. Namun demikian, harus sesuai standar yang ditentukan oleh Pemerintah (LPMQ)” tegas Menag.

Jumlah Muslim Indonesia lebih dari 200 juta. Pemerintah terus berusaha memenuhi kebutuhan umat Islam terhadap Mushaf Al Quran secara bertahap. Pada 2018 mendatang, Kemenag berencana mencetak 400ribu mushaf, terdiri dari 300ribu Mushaf Al Quran Standar Indonesia, 50ribu Al-Quran dan Terjemahnya, dan 50ribu Juzz Amma. Untuk tahun 2019, Menag berharap UPQ mampu mencetak satu juta eksemplar Al Quran.* ati – MasjidRaya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR