Minggu, 20 Oktober 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Dakwah
Telaah

Pentingnya Silaturahmi

Kamis, 25 Januari 2018
Oleh: HD Sutarjan

MRB - Suatu ketika Rasulullah SAW berkumpul bersama para sahabatnya. Tiba-tiba saja beliau bersabda, "Janganlah duduk bersamaku hari ini orang yang memutuskan silaturahmi (persaudaraan)!"

Mendengar hal itu, seorang pemuda serta merta berdiri, lalu meninggalkan majelis. Rupanya pemuda itu sudah lama tidak lagi saling bertegur sapa dengan bibinya karena suatu perselisihan faham. Ia lalu meminta maaf kepada sang bibi, yang dengan tulus memaafkannya. Setelah itu, barulah ia kembali ke tengah-tengah majelis Rasulullah.

Rasulullah pun kembali menjelaskan mengapa tadi mengucapkan hal seperti itu. "Sesungguhnya," demikian sabdanya, "Rahmat Allah tidak akan turun kepada suatu kaum yang di situ ada orang yang memutuskan tali silaturahmi".

Rasulullah bertanya kepada para sahabat, "Tahukah engkau tentang sesuatu yang paling cepat mendatangkan kebaikan ataupun kejahatan?"

"Sesuatu yang paling cepat dapat mendatangkan kebaikan," sabda Rasulullah, "Adalah balasan (pahala) orang yang berbuat kebajikan dan menghubungkan tali silaturahmi, sedangkan yang paling cepat mendatangkan kejahatan ialah balasan (siksaan) orang yang berbuat jahat dan memutuskan hubungan kekeluargaan". (HR Ibnu Hibban)

Pada kesempatan lain, Rasulullah pun pernah bertanya kepada para sahabatnya. "Maukah kalian aku tunjukkan amal yang lebih besar pahalanya daripada shalat dan shaum?"

"Tentu saja," jawab mereka.

Dijelaskanlah oleh Rasulullah. "Engkau damaikan orang yang bertengkar, menyambungkan persaudaraan yang terputus, mempertemukan kembali saudara-saudara yang terpisah, serta menjembatani berbagai kelompok dalam Islam dan mengukuhkan ukhuwah di antara mereka adalah amal saleh yang besar pahalanya. Barangsiapa yang ingin dipanjangkan usianya dan dibanyakkan rezekinya, hendaklah ia menyambungkan tali silaturahmi." (HR Bukhari Muslim)

Silaturahmi juga bisa mencairkan kebekuan di antara kita. Hubungan yang tadinya renggang bisa bertaut kembali dengan erat berkat silaturahmi.***


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR