Senin, 23 April 2018 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Syiar
Masjid Nasir Al-Mulk

Cahaya pun Mempelangi Memperindah Nuansa Ibadah

Selasa, 10 April 2018
IST.
MASJID Nasir Al-Mulk memang sangat indah, tak akan membuat bosan yang melihatnya. Permainan warna yang dipantulkan mozaik kaca-kaca berwana pink, ungu, biru, dan lain-lain menghadirkan sensasi warna yang begitu memukau.*

MRB - Iran merupakan salah satu negara yang mempunyai masjid-masjid dengan arsitektur indah. Salah satunya adalah Masjid Nasir Al-Mulk yang berada di Kota Shiraz. Masjid yang interior setiap ruangnya dihiasi kaca berwarna-warni sehingga memantulkan cahaya laksana pelangi ini, dijuluki juga sebagai Masjid Pelangi.

Masjid Nasir Al-Mulk memang sangat indah, tak akan membuat bosan yang melihatnya. Permainan warna yang dipantulkan mozaik kaca-kaca berwana pink, ungu, biru, dan lain-lain menghadirkan sensasi warna yang begitu memukau.

Masjid ini dibangun oleh salah satu raja di era Dinasti Qajar, Mirza Hasan Ali Nasir al Mulk pada tahun 1876 dan selesai dibangun pada tahun 1888. Arsitek bangunan yang memiliki warna-warni pelangi di interior setiap ruangan ini adalah Muhammad Hasan e Memar dan Muhammad Reza Kashi Paz e Shirazi.

Penggunaan kaca berwarna-warni tidak meninggalkan elemen yang menampilkan unsur tradisional, seperti penggunaan panj kaseh-I atau lima cekungan. Masjid ini pun menggunakan karpet merah dengan corak tradisional Iran berupa barisan pilar-pilar di dalammnya dengan ukiran spiral mirip marsmallow.

Dari luar, penampilan masjid ini tidak berbeda dnegan masjid lainnya yang berada di Iran. Keindahan baru terlihat ketika kita memasuki bagian dalam masjid yang begitu artistik.

Waktu yang paling tepat untuk menyaksikan keindahan Masjid Nasir Al-Mulk, adalah saat sinar matahari menyinari masjid ini. Sinar matahari yang jatuh di kaca berwarna warni, memantulkan warna-warna indah bak pelangi. Gemerlap kilauan pelangi membuat masjid yang juga disebut sebagai Pink Moaque ini seakan memiliki lampion raksasa di dalamnya.

Untuk dapat melihat pemandangan cahaya warna-warni di dalam masjid, sebaiknya Anda berkunjung ke Masjid Nasir Al-Mulk, pagi-pagi sekali. Karena kaca-kaca tersebut didesain untuk memantulkan pendar cahaya secara maksimal hanya pada pagi hari.

Jika Anda datang di siang hari, mungkin sudah terlambat untuk melihat warna-warni cahaya tersebut. Tapi bukan berarti lewat pagi hari Anda tidak bisa menikmati keindahan Masjid Nasir Al-Mulk yang menakjubkan. Kapan pun Anda datang, keindahan itu tetap bisa disaksikan.* ati/berbagai sumber – MasjidRaya.com


BAGIKAN
BERI KOMENTAR