Jumat, 20 September 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Kabar
Bersilaturahmi ke-16 Fakultas

Rektor Unpad Buka Kegiatan Safari Ramadan 2018

Senin, 21 Mei 2018
tedi yusup
REKTOR Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, saat membuka rangkaian kegiatan Safari Ramadan di lingkungan Unpad di Masjid Raya Unpad Jatinangor, Sabtu (19/5/2018).*

MRB - Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Tri Hanggono Achmad, secara resmi membuka rangkaian kegiatan “Safari Ramadan”, Sabtu (19/5/2018). Pada kegiatan ini, Rektor akan berkeliling ke-16 fakultas untuk melakukan silaturahmi dan menindaklanjuti berbagai program unggulan yang dilakukan setiap fakultas.

Dalam acara buka puasa bersama yang digelar di Masjid Raya Unpad Jatinangor, Rektor mengatakan, kegiatan Safari Ramadan merupakan agenda rutin yang dilakukan Unpad setiap bulan Ramadan. Ini merupakan upaya Unpad dalam mendukung peribadatan selama Ramadan berlangsung.

“Dengan terus kita jaga tradisi ini ke generasi berikutnya, berbagai kebaikan yang dirintis dapat semakin berkembang untuk kebaikan berikutnya,” kata Rektor.

Acara Safari Ramadan ini diharapkan tidak hanya diikuti oleh pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan dari setiap fakultas. Rektor juga mengajak para mahasiswa di setiap fakultas untuk dapat hadir menyemarakkan kegiatan ini.

“Saya minta dekan mengundang para mahasiswa ikut hadir pada kegiatan buka puasa bersama,” kata Rektor.

Tidak hanya menghadiri Safari Ramadan, Rektor mengharapkan para mahasiswa, khususnya mahasiswa senior, untuk menyampaikan berbagai inspirasi kebaikan kepada mahasiswa di bawahnya. Pemberian inspirasi ini dilakukan dalam setiap forum-forum Ramadan.

Dekan, lanjut Rektor, menjadi penggerak untuk berbagai kegiatan keagamaan di tingkat fakultas. Adanya masjid atau mushala di setiap fakultas menjadi momentum untuk dimanfaatkan sebagai media kegiatan Ramadan. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah melaksanakan salat wajib berjamaah.

“Dekan diharapkan bisa memberi tugas siapa imam salat (secara) bergiliran,” kata Rektor.

Acara buka puasa bersama ini dihadiri pimpinan, perwakilan Senat Akademik, Dewan Profesor, pimpinan, pengelola masjid, ketua Ikatan Alumni Unpad, serta sivitas akademika dan tenaga kependidikan Unpad. Acara juga diisi dengan pelaksanaan salat tarawih berjamaah dengan imam dan khatib oleh Rektor.

Berikan Dana Bantuan

Dalam acara tersebut, Rektor secara simbolis memberikan dana bantuan program Ramadan kepada para pengurus masjid di lingkungan Unpad. Bantuan diberikan untuk mendukung operasional masjid dalam menjalankan berbagai kegiatan selama Ramadan.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Unpad, Dr. Hadiyanto A. Rachim, mengatakan pihaknya telah membentuk koordinasi antarmasjid kampus. Koordinasi dilakukan dengan mengelompokkan masjid fakultas sesuai dengan rumpun keilmuannya.

“Ada empat subkoordinasi masjid kampus di Unpad, yaitu DKM rumpun Agrokompleks, Sosiohumaniora, Kesehatan, serta Sains dan Teknologi. Setiap rumpun sudah memiliki koordinatornya,” ujar Dr. Hadiyanto.

Penyerahan tersebut dilakukan Rektor kepada setiap koordinator masjid, yaitu Prof. Warid Ali Qosim selaku koordinator DKM Agrokompleks, Dr. Margo Purnomo selaku koordinator DKM Sosiohumaniora, dr. Gaga Irawan, mewakili DKM Kesehatan, dan Sunardi, PhD selaku koordinator DKM Sains dan Teknologi.

Bantuan juga diberikan kepada Dr. Dudi selaku perwakilan DKM Masjid Raya Unpad dan Masjid Nurul Iman di kampus FISIP Bandung, serta Dr. Cukup Mulyana selaku koordinator Masjid Al Jihad kampus Unpad Dipati Ukur.

Adapun jadwal pelaksanaan Safari Ramadan adalah sebagai berikut:

Fakultas Hukum (Senin, 21 Mei 2018), Fakultas Psikologi (Selasa, 22 Mei 2018), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (Rabu, 23 Mei 2018), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Kamis, 24 Mei 2018), Fakultas Ilmu Budaya, Jumat (25 Mei 2018), Fakultas Kedokteran (Sabtu, 26 Mei 2018), Fakultas Farmasi (Minggu, 27 Mei 2018), Fakultas MIPA (Senin, 28 Mei 2018), Fakultas Peternakan (Rabu, 30 Mei 2018), Fakultas Teknologi Industri Pertanian (Kamis, 31 Mei 2018), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Jumat (1 Juni 2018), Senat Akademik (Sabtu, 2 Juni 2018),

Fakultas Pertanian (Senin, 4 Juni 2018), Sekolah Pascasarjana (Selasa, 5 Juni 2018), Fakultas Kedokteran Gigi (Rabu, 6 Juni 2018), Fakultas Ilmu Komunikasi (Kamis, 7 Juni 2018), Fakultas Teknik Geologi (Kamis, 7 Juni 2018), Fakultas Keperawatan (Jumat, 8 Juni 2018), Dewan  Profesor (Sabtu, 9 Juni 2018).* harie – MasjidRaya.com

 

 

 


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR