Jumat, 20 September 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Kabar

FIB Juara Umum MTQM Unpad Tahun 2018

Selasa, 29 Mei 2018
Tedi Yusup
ACARA penutupan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQM) Unpad di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (28/5). Tahun ini, FIB kembali meraih juara umum MTQM dengan perolehan medali sebanyak 7 emas, 7 perak, dan 7 perunggu.*

MRB - Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Padjadjaran (Unpad) meraih juara umum dalam pekan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQM) tingkat universitas tahun 2018, pada 22-25 Mei. FIB meraih juara umum dalam kompetisi yang diikuti 265 kafilah dari 16 fakultas yang ada di Unpad.

Ketua Dewan Hakim MTQM Unpad 2018, Prof. Dr. I. Syarief Hidayat, M.S., mengatakan FIB keluar sebagai juara umum setelah berhasil memperoleh medali terbanyak, yaitu 7 emas, 7 perak, dan 7 perunggu dengan total nilai keseluruhan berjumlah 63 poin.

“FIB memiliki nilai 63, melebihi nilai-nilai fakultas lainnya,” ujar Prof. Syarief dalam acara penutupan MTQM Unpad yang digelar di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (28/5/2018), sebagaimana dirilis laman unpad.ac.id.

Pada pekan MTQM ini, FIB menjuarai beberapa cabang dan kategori lomba. Untuk kategori individu, FIB meraih juara pada cabang lomba Tilawatil Qur’an Putra, Tartil Qur’an Putri, Hifzhil Qur’an 5 juz Putra, Hifzhil Qur’an 5 juz Putri, Hifzhil Qur’an 10 juz Putra, Hifzhil Qur’an 10 juz Putri, Hifzhil Qur’an 20 juz Putri, Khattil Qur’an Putra dan Putri, serta lomba debat kandungan Al Quran bahasa Arab.

Pada kategori kelompok, FIB meraih juara di cabang lomba Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an, dan lomba karya tulis ilmiah kandungan Al Quran.

Dalam acara penutupan tersebut, Prof. Syarief juga membacakan seluruh peserta terbaik yang meraih juara pada 13 cabang lomba yang diselenggarakan.

Ketua pelaksana MTQM Unpad 2018, Dr. Hazbini, M.Ag., mengatakan peserta terbaik yang berhasil meraih juara pada kegiatan ini akan dilakukan pembinaan untuk disiapkan menuju pekan MTQM tingkat nasional.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Dr. Arry Bainus, M.A., mengatakan pekan MTQM Unpad bukan sekadar kompetisi memperebutkan kafilah terbaik. Lebih daripada itu, MTQM Unpad merupakan momentum menjalin ukhuwah antar sivitas akademika Unpad.

“MTQM bukan soal keindahan dan kemerduan Al Quran yang dibacakan. Hal terpenting bagaimana mengamalkan Al Quran sebagai petunjuk kehidupan,” kata Dr. Arry.

Dalam mempersiapkan menuju tingkat nasional, Dr. Arry mengharapkan kafilah terbaik Unpad dapat memberikan sesuatu yang membanggakan.

“Anda jangan mau tidak menjadi sesuatu, tetapi menjadilah sesuatu. Sesuatu bukan sekadar menang (kompetisi), tetapi menunjukkan bahwa Unpad punya sesuatu yang bisa dibanggakan di tingkat nasional,” kata Dr. Arry.* harie – MasjidRaya.com

 


KATA KUNCI:
unpadmtq mahasiswa

BAGIKAN
BERI KOMENTAR