Minggu, 15 September 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Kabar

Defisit Kyai, UIN SGD Kembangkan Rumah Al Quran

Kamis, 31 Mei 2018
uinsgd.ac.id
VISITASI Re-Akreditasi, digelar Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN SGD Bandung, di Aula FTK, Kampus II, Senin (28/5/2018).*

MRB – Unversitas Islam Negeri (UIN)  Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, kini memiliki tiga kampus: Kampus I di Jalan A.H. Nasution No. 105, Cipadung, Cibiru; kampus II Jalan Cimencrang, Cimencrang, Panyileukan (samping Polda Jabar); kampus III Jalan Cileunyi Kabupaten Bandung. 

“Untuk di kampus III, saat ini sedang dikembangkan Rumah Al Quran yang diperuntukkan menyiapkan sarjana ulama zaman now. Sebab, kita sedang dilanda defisit kyai,” ungkap Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., saat memberi sambutan pada Visitasi Re-Akreditasi, yang digelar Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN SGD Bandung, di Aula FTK, Kampus II, Senin (28/5/2018).

Soal defisit kyai, lanjut Rektor, indikatornya sederhananya. Banyak anak kyai yang tidak disiapkan untuk menjadi pengganti kyai.

“Saking jarangnya, banyak kyai yang berpindah, bahkan nyalon menjadi wakil bupati. Hal ini menjadi bukti terhadap defisit kyai,” jelasnya.

Upaya menjawab tantangan zaman itu, kata Rektor, adalah program Rumah Al Quran yang merupakan hasil kerja sama UIN Bandung dengan Pemprov Jawa Barat, bupati, dan Wali Kota Bandung.

“Caranya dengan menyiapkan sarjana ulama zaman now melalui Rumah Al Quran yang dilengkapi sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi. Mudah-mudahan dengan kehadiran asesor pada saat ini yang melakukan visitasi pendidikan matematika dapat memberikan andil yang besar dalam menyiapkan sarjana ulama zaman now dengan memberikan nilai akreditasi terbaik,” paparnya.* harie – MasjidRaya.com

 

 


KATA KUNCI:
uin sgdrumah al quran

BAGIKAN
BERI KOMENTAR