Minggu, 15 September 2019 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Kabar
Kegiatan Sekolah pada Bulan Ramadhan

Upaya Menumbuhkan Kesalehan Sosial Sejak Usia Dini

Jumat, 1 Juni 2018
jabarprov.go.id
BAZAR murah Ramadhan menjadi rangkaian kegiatan Ramadhan 1439 H/2018 di Darul Hikam Integrated School (DHIS) Primary, Bandung.*

MRB - Memasuki bulan suci Ramadhan banyak kegiatan sekolah yang melibatkan para siswanya untuk saling berbagi dengan sesama. Salah satunya Darul Hikam Integrated School (DHIS) Primary yang memiliki rangkaian kegiatan Ramadan 1439 H/2018. 

Pembantu Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan DHIS Primary, Anita Rahayu, mengatakan berbagai kegiatan yang digelar meliputi pengumpulan barang bekas layak pakai, infaq sembako, lomba parcel paket Ramadhan dan bazar murah.

“Tujuan kegiatan ini menumbuhkan rasa sosial di kalangan para siswa. Selain itu, memberikan kesan positif bagi siswa salam pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadhan,” kata Anita, di Darul DHIS Primary, Bandung, Rabu (30/5/2018), sebagaimana dirilis jabar.go.id.

Anita mengungkapkan, untuk kegiatan pengumpulan barang bekas terdiri atas pakaian anak-anak hingga dewasa. Meskipun donasinya dibatasi sampai Rp20 ribu, tetapi tidak jarang para orangtua memberikan donasinya dalam bentuk barang yang baru. 

Kegiatan rutin yang digelar setiap tahun ini sebelumnya diikuti oleh tingkat SD sampai SMA. Namun, untuk tahun ini karena DHIS Primary menempati lokasi yang baru, maka kegiatannya dilakukan secara mandiri. 

"Sumbangan barang bekas ini akan dibagikan kepada warga masyarakat yang kurang mampu," katanya.

Anita mengungkapkan, sebelum menjelang Ramadhan sudah dilakukan pengumpulan infak dan sedekah dari para siswa agar lebih optimal karena masa kegiatan belajar dan mengajar hanya sebentar. Hasil pengumpulan infak dari para siswa akan dijadikan parcel dan akan dibagikan ke masyarakat yang berada di lingkungan sekitar sekolah. Rencananya, ada sekitar 80 bingkisan dan parcel yang akan dibagikan.

"Pengumpulan barang bekas ini dimulai sejak 7 Mei lalu dan dibagikan pada 31 Mei," ungkapnya.

Anita menambahkan, ciri khas kegiatan Ramadan di SD Darul hikam ini adalah lomba parcel. Para siswa membuat parcel, kartu ucapan, dan dibagikan kepada masyarakat yang berada di lingkungan sekolah. Lomba ini  diikuti oleh siswa kelas I-V dengan satu grup terdiri atas 6-7 orang. 

Selain lomba parcel, SD Darul Hikam dalam mengisi kegiatan Ramadhan juga mengadakan story telling.* harie – MasjidRaya.com


KATA KUNCI:
darul hikamramadhan

BAGIKAN
BERI KOMENTAR