Kamis, 2 April 2020 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Kabar
Hari Jadi ke 536 Kota Bogor

20 Grup Ramaikan Festival Marawis

Rabu, 6 Juni 2018
* ist.
SEBANYAK 20 grup marawis meramaikan Festival Marawis Antar Kelurahan se-Kota Bogor.*

MRB - Sebanyak 20 grup marawis meramaikan Festival Marawis Antar Kelurahan se-Kota Bogor. Festival marawis antarkelurahan tersebut merupakan agenda rutin yang diinisiasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-536 Bogor Tahun 2018.

Plt. Wali Kota Bogor, Usmar Hariman, didampingi Kepala Disparbud Kota Bogor, Shahlan Rasyidi, membuka kegiatan tersebut di lobby depan Bogor Trade Mall (BTM), Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor, Jumat (1/6/2018).

Di hadapan warga yang hadir, Usmar menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kesenian dalam menyebarkan syiar Islam, di samping itu bisa menjadi pilihan bagi warga Kota Bogor untuk menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit. 

Ke depan ia akan menyampaikan imbauan kepada seluruh kelurahan agar mengirimkan perwakilannya, minimal setiap kelurahan bisa mengirimkan grup marawis sebagai peserta festival.

Usmar, yang juga menjabat Ketua Dewan Kesenian Kebudayaan Kota Bogor (DK3B), berencana merumuskan peraturan wali kota (Perwali) berkaitan dengan pemberdayaan semua potensi budaya dan kesenian di Kota Bogor.

“Semua kegiatan pertemuan di Kota Bogor diwajibkan menampilkan unsur kesenian dan kebudayaan khas Kota Bogor,” terangnya.

Diharapkan, sanggar-sanggar kesenian tradisional maupun tim marawis dapat berkembang dan mendapatkan penghasilan. Selain untuk menjaga eksistensi sanggar-sanggar yang ada di Kota Bogor, hal ini ditujukan untuk menjaga kelestarian kebudayaan dan kesenian khas Kota Bogor.

Kepala Disparbud Kota Bogor, Shahlan Rasyidi, yang juga Ketua Panitia Pelaksana dalam laporannya menyebutkan kegiatan ini adalah kegiatan ke tiga yang dilaksanakan selama ramadhan dalam rangka memeriahkan HJB 536.

“Ini merupakan program pengembangan budaya yang ke tiga kalinya dilaksanakan bekerja sama dengan BTM. Respon positif ditunjukkan pihak kelurahan yang mengirimkan perwakilannya, walaupun belum semua kelurahan mengirimkan perwakilannya,” kata Shahlan. 

Ke depan ia berharap seluruh aparatur kelurahan di wilayah dapat memberikan perhatian dan pembinaan bagi grup-grup marawis di wilayahnya, sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kemampuan grup marawis. 

Festival marawis dalam rangka HJB Tahun 2018 berlangsung selama dua hari, yakni 1 dan 2 Juni 2018 dengan hadiah bagi juara pertama mendapat hadiah sebesar Rp10 juta ditambah trofi dan piagam, sedangkan untuk juara ke dua hadiahnya sebesar Rp7,5 juta.* humas/harie – MasjidRaya.com 

 

 



BAGIKAN
BERI KOMENTAR