Kamis, 15 November 2018 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Syiar
Masjid Nabawi (2)

Berdiri Megah dengan Pondasi Takwa

Selasa, 28 Agustus 2018
IST.

MRB - Masjid Nabawi adalah sebuah masjid yang terletak di tengah kota Madinah, Saudi Arabia. Seperti sudah terlihat dari namanya, masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad SAW dan menjadi tempat makam beliau dan kedua sahabatnya, Abu Bakar dan Umar bin Khathab. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang utama bagi umat Islam setelah Masjidilharam di Mekah.

Masjid ini didirikan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat pada tahun pertama hijrah (622 M) seluas 1.050 m2, yaitu persis di sebelah barat rumah Rasulullah, yang sekarang rumah itu menjadi makam Rasulullah dan termasuk dalam bangunan masjid.

Berziarah ke Masjid Nabawi ini adalah masyru’ (diperintahkan) dan termasuk ibadah. Penyataan ini sesuai dengan sabda Rasulullah: “Janganlah kau mementingkan bepergian kecuali kepada tiga masjid, yaitu Masjidilharam, Masjidku ini (Masjid Nabawi) dan Masjidilaqsa.

Mendalami ilmu agama adalah ibadah yang dianjurkan untuk mendekatkan diri kepada Allah, keutamaannya menjadi berlipat ganda apabila dilakukan di Masjid Nabawi. Seperti sabda Rasulullah, “Barang siapa mendatangi masjidku untuk suatu kebaikan, mempelajarinya dan menularkannya, maka dia seperti seorang yang berjihad di jalan Allah, sedangkan orang yang mendatanginya dengan niat lain, maka dia itu seperti tertegun pada kekayaan orang lain”.

Juga, Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang pergi ke Masjid Nabawi untuk mempelajari kebaikan atau mengajarkannya, maka dia akan mendapatkan pahala haji sempurna”.

Rasulullah pun menyebutkan keutamaan shalat di Masjid Nabawi, seperti seribu kali shalat di masjid lainnya, bahkan lebih utama (afdlal). Sabda Rasulullah, “Shalat di masjidku ini lebih utama dari seribu kali shalat di masjid lain, kecuali Masjidilharam”.

Bagi jamaah haji selalu menyempatkan ziarah ke Masjid Nabawi, untuk mendulang pahala dari “masjidku ini”. Utamanya untuk melakukan shalat arbain, 40 kali shalat fardlu tak terputus. Ini semua mengacu pada sabda Rasulullah, “Barangsiapa shalat di masjidku sebanyak 40 shalat, tidak terlewatkan satu shalat pun, niscaya dia akan terbebas dari api neraka, selamat dari siksa, dan bersih dari kemunafikan”.

Selain itu, di masjid yang didirikan atas dasar takwa –seperti ditegaskan dalam Al-Quran surat at-Taubah ayat 108—terdapat tempat ijabah, tempat istimewa di mana doa-doa terkabul yaitu Raudhah atau Raudhatul Jannah (Taman Surga) yang luasnya 22 x 15 m2. Sabda Rasulullah, “Antara rumah dan mimbarku adalah raudhah (taman) dari taman-taman surga, dan mimbarku berada di telagaku”.* abu ainun - MasjidRaya.com


KATA KUNCI:

BAGIKAN
BERI KOMENTAR