Rabu, 21 Februari 2018 | MasjidRaya.comTentang Kami | Kontak Kami
Masjid Raya Bandung
Provinsi Jawa Baratmedia silaturahmi umat
Inspirasi
Ibrah

Calon Penduduk Surga

Senin, 25 Desember 2017

MRB - Ketika Rasulullah sedang memberikan pelajaran agama (sesudah shalat Ashar), tiba-tiba beliau berhenti dan bersabda, "Dari arah ini (mengarahkan telunjuknya) akan datang ke majelis ini seorang (calon) penduduk surga."

Semua mata para sahabat ditujukan ke arah yang ditunjuk Rasulullah, dan ternyata orang yang datang itu seorang badui. Ia datang menyampaikan salam, lalu melakukan shalat Ashar, dan setelah itu pulang kembali.

Pada hari kedua, pada waktu yang sama, Rasulullah kembali memberitahukan para sahabatnya hal serupa, dan ternyata yang muncul adalah orang badui itu lagi. Dan pada hari ketiga beliaupun mengulangi sabdanya, dan yang muncul orang badui itu lagi.

Ketika orang badui itu pergi, seorang sahabat diam-diam mengikutinya dari jauh. Ternyata orang badui itu dari desa As Sanah. Sesudah diperkirakan ia sudah berada di dalam rumahnya, barulah sahabat itu mengetuk pintu. Orang badui itu menyambut gembira kedatangannya, seraya berkata, "Anda adalah tamu kami."

Kemudian orang itu mengundangnya, dan sahabat itu menerima undangannya. Ia tinggal di rumah orang badui itu selama tiga hari tiga malam. Ternyata menurut pengamatannya, orang badui itu tidak banyak shalat, tidak banyak shaum, dan tidak banyak bersedekah. Ini membuat sahabat sungguh penasaran, mengapa Rasulullah berkata demikian. Maka ia bertanya kepada orang badui itu.

"Wahai saudaraku, cobalah beritahukan kepadaku tentang pekerjaan Anda yang paling suci, karena aku mendengar berita gembira dari Rasulullah sampai tiga kali bahwa Anda tergolong calon penghuni surga."

Orang badui itu menjawab dengan tawadhu, "Aku seperti yang Anda lihat selama tiga hari tiga malam. Tetapi aku senantiasa membersihkan kalbu dari kecurangan dan kedengkian terhadap siapapun yang memperoleh karunia dari Allah Ta'ala."

Mendengar penuturan polos tersebut, sahabat berkata kepadanya, "Sungguh beruntung, engkau telah berhasil mencapainya."* abu ainun/"Hiburan Orang Mukmin" - MasjidRaya.com


BAGIKAN
BERI KOMENTAR